Sabtu 13 Nov 2021 05:10 WIB

Angkatan Darat Rusia akan Terima Kendaraan Tempur Baru

Kendaraan tempur BMPT Terminator akan selesai uji coba Juni mendatang,

Rep: Lintar Satria/ Red: Dwi Murdaningsih
Tentara Kirgistan mempersiapkan senjata antipesawat selama latihan militer bersama di tempat latihan Edelweiss, sekitar 180 kilometer (113 mil) tenggara Bishkek, Kirgistan, Kamis, 9 September 2021. Latihan militer bersama Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif ( CSTO), negara-negara termasuk Rusia, Kirgistan, dan lainnya, ditahan di daerah Edelweiss di Kirgistan di tengah situasi di Afghanistan.
Foto:

Defence News mengutip Deputi Komandan Divisi Tank Ke-19 Kolonel Andrey Sigarev yang mengatakan kendaraan itu memiliki 'keunikan'. Terminator dapat menembak tiga jenis target yang berbeda secara bersamaan.

Persenjataannya terdiri dari sistem rudal anti-tank supersonik Ataka yang mampu menghantam target sejauh 6 kilometer. Terminator juga memiliki dua senjata 30 mm untuk infantri dan helikopter, dua peluncur granat, dan satu senjata mesin Kalashnikov. Dapat melaju hingga 60 kilometer per jam.

"Satu BMPT sebenarnya menggantikan satu peleton senapan motor, enam kendaraan tempur infantri dan 40 personil. Sebenarnya hampir tidak mungkin selamat dari ketepatan tembakan kendaraan tempur Rusia," klaim UralVagonZavod dalam pernyataannya.

Kendaraan ini dilaporkan dirancangan untuk melindungi lima orang kru dari radiasi setelah ledakan nuklir dan beroperasi di berbagai kondisi geografis dan iklim termasuk medan tempur di perkotaan. Menurut manufakturnya kendaraan ini dibangun untuk melindungi tank dari sistem anti tank terutama di daerah konflik perkotaan.

 

Namun dari waktu ke waktu kendaraan ini memiliki beragam karakteristik. Seperti 'kendaraan tempur pendukung tembakan dibandingkan kendaraan tempur pendukung tank'. Di mana dapat digunakan dengan 'formasi infantri tempur bermotor dan formasinya sendiri'.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement