Kamis 18 Nov 2021 14:06 WIB

Hadapi Ancaman China, Taiwan Kerahkan Jet Tempur F-16

Taiwan juga sudah memesan 66 unit F-16V untuk hadapi pesawat siluman China J-20

Rep: Lintar Satria/Rizky Jaramaya/ Red: Christiyaningsih
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berpose untuk foto dari kokpit selama upacara penerimaan 64 jet tempur F-16V yang ditingkatkan di pangkalan Angkatan Udara di Chiayi di barat daya Taiwan Kamis, 18 November 2021.
Foto:

Jet tempur F-16V dapat membawa rudal udara-ke-udara AIM-9X Sidewinder canggih milik Raytheon Technologies Corp. Tsai mengklaim pertahanan Taiwan akan lebih kuat dengan kehadiran jet tempur F-16V.

Angkatan Udara Taiwan sangat terlatih tapi ukurannya jauh lebih kecil dari China. Pada 2019, AS menyetujui penjualan jet tempur F-16 senilai delapan miliar dolar AS ke Taiwan. Kesepakatan akan menambah armada jet tempur F-16 ke Taiwan menjadi lebih dari 200 jet, yang terbesar di Asia. China telah mengumumkan sanksi terhadap Lockheed Martin karena menjual senjata ke Taiwan.

F-16V adalah versi paling canggih dari jet tempur multi-peran bertingkat. Jet ini dilengkapi dengan radar berkemampuan tinggi sehingga memungkinkannya melacak lebih dari 20 target sekaligus.

Pesawat tempur ini juga dilengkapi sistem peperangan elektronik mutakhir, bersama dengan senjata canggih, navigasi GPS presisi, dan sistem untuk menghindari tabrakan dengan tanah secara otomatis. Pesawat-pesawat tersebut mewakili pesawat tempur generasi keempat yang paling canggih, tetapi masih di bawah generasi kelima terbaru seperti F-22 dan F-35 AS, serta Su-57 Rusia dan J-20 China.

Taiwan telah memperdebatkan gagasan untuk membeli pesawat generasi kelima dari AS tetapi upgrade F-16 diputuskan sebagai langkah paling efektif dalam situasi saat ini. Angkatan udara Taiwan juga mengoperasikan Dassault Mirage 2000 Prancis dan pesawat tempur AIDC F-CK Chingkuo yang dirancang dan diproduksi di dalam negeri dengan total armada sekitar 400.

sumber : Reuters/AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement