Ahad 30 Jan 2022 18:21 WIB

Trump Peringatkan Soal Taiwan dan Cina Seusai Olimpiade Musim Dingin

Trump memperingatkan tentang masalah Taiwan dan Cina.

Rep: Puti Almas/ Red: Agung Sasongko
Mantan Presiden Donald Trump berhenti saat dia berbicara pada rapat umum Sabtu, 15 Januari 2022, di Florence, Arizona.
Foto:

"Cina bahkan tidak akan pernah berpikir untuk mengambil alih Taiwan. Maksud saya, Taiwan, itu bahkan tidak akan dibahas antara saya dan Presiden Cina Xi Jinping, dan lihat apa yang terjadi setelah Olimpiade, saya seorang prediktor yang baik, perhatikan apa yang terjadi setelah Olimpiade dengan Taiwan dan Cina," jelas Trump.

Dalam sebuah laporan di media Cina, disebutkan bahwa masyarakat AS perlu menghapus ketidaktahuan tentang pertanyaan Taiwan dan perasaan nasional rakyat Negeri Tirai Bambu. Sebuah editorial yang diterbitkan di Global Times mengatakan pandangan yang diungkapkan oleh duta besar Cina untuk AS, Qin Gang dalam sebuah wawancara tentang kemungkinan konflik adalah sinyal yang jelas bagi elit politik AS.

Artikel itu juga menambahkan bahwa pesan itu dimaksudkan untuk membiarkan lebih banyak orang Amerika menyadari keseriusan konsekuensi dari menggunakan Taiwan untuk menahan Cina. Qin Gang mengatakan  bahwa jika mengetahui pihak berwenang Taiwan, yang didorong oleh AS terus menempuh jalan menuju kemerdekaan, maka hal ini kemungkinan besar akan melibatkan Cina dan Amerika dalam konflik militer.

Olimpiade Musim Dingin Cina 2022 akan berlangsung dari 4 Februari hingga 20 Februari mendatang.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement