Rabu 16 Mar 2022 09:56 WIB

AS Remehkan Sanksi Rusia

AS meremehkan sanksi Rusia kepada Presiden Joe Biden dan jajaran pejabatnya

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Gedung Putih
Foto:

Sebelumnya, Departemen Keuangan AS mengumumkan sanksi terhadap empat individu Rusia dan satu entitas yang dituduh berperan dalam menyembunyikan peristiwa kematian pelapor Sergei Magnitsky. Termasuk pelanggaran hak asasi manusia terhadap advokat hak asasi Oyub Titiev.

Departemen Keuangan AS juga memberlakukan sanksi baru terhadap Presiden Belarus Alexander Lukashenko dan istrinya. Hal ini meningkatkan tekanan pada Moskow dan sekutu dekatnya.

“Kami mengutuk serangan Rusia terhadap koridor kemanusiaan di Ukraina dan menyerukan Rusia untuk menghentikan perang brutal dan tidak beralasan melawan Ukraina,” kata Kepala Kantor Pengawasan Aset Luar Negeri Departemen Keuangan AS, Andrea Gacki.

Kanada juga menjatuhkan sanksi kepada 15 pejabat Rusia yang mendukung perang di Ukraina. Sanksi baru diumumkan sebelum pidato virtual Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Parlemen Kanada.

"Presiden Putin membuat pilihan untuk melanjutkan invasi ilegal dan tidak dapat dibenarkan. Di juga dapat membuat pilihan untuk segera mengakhiri kekerasan yang tidak masuk akal dan menarik pasukannya," kata Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement