Senin 11 Apr 2022 15:39 WIB

RI-Kanada Tingkatkan Kerja Sama Energi

Perdagangan Indonesia-Kanada meningkat hampir 30 persen pada 2021.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi
Foto:

Di sisi lain pada bidang perdagangan, Indonesia dan Kanada mengalami peningkatan perdagangan bilateral bahkan di tengah pandemi. Menlu Retno mencatat, perdagangan Indonesia-Kanada meningkat hampir 30 persen pada 2021 dan mencapai 3,12 miliar dolar AS.

Indonesia dan Kanada membentuk putaran pertama negosiasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) bulan lalu untuk lebih memperkuat perdagangan bilateral. "Kami sepakat untuk mengintensifkan negosiasi untuk diselesaikan dalam kerangka waktu yang jelas," kata Menlu Retno.

Sementara pada investasi, angka pada 2021 sedikit meningkat hampir 4 persen. Kanada berinvestasi dalam sejumlah proyek infrastruktur, antara lain pengembangan Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali) dan proyek infrastruktur Pelabuhan Gresik yang diharapkan bisa beroperasi tahun depan.

 

Menlu Joly mengatakan, Indonesia adalah titik fokus peningkatan perdagangan dan keterlibatan ekonomi dengan kawasan bagi Kanada. "Perjanjian kemitraan ekonomi adalah sangat penting bagi kerja sama ekonomi kedua negara," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement