Senin 23 May 2022 00:45 WIB

Anthony Albanese, Sosok PM Australia dari Keluarga Sederhana

Anthony Albanese adalah seorang politisi yang memiliki kehidupan sederhana

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Ketua Partai Buruh Australia Anthony Albanese terpilih sebagai perdana menteri Australia.
Foto:

Anthony Albanese adalah seorang menteri selama enam tahun terakhir berkuasa. Dia menjabat sebagai wakil perdana menteri dalam waktu singkat yaitu mulai Juni hingga September 2013.

Para kritikus Albanese berpendapat, politik sayap kiri membuatnya tidak cocok untuk menjadi perdana menteri. Sementara pemerintah konservatif berargumen, dia akan menjadi pemimpin Australia sayap kiri selama hampir 50 tahun sejak reformis Gough Whitlam, yang dianggap sebagai pahlawan Partai Buruh.

Pada 1975, Whitlam menjadi satu-satunya perdana menteri Australia yang digulingkan dari jabatannya oleh perwakilan raja Inggris. Hal ini digambarkan sebagai krisis konstitusional. Pendukung Albanese mengatakan bahwa, meskipun berasal faksi Sosialis Kiri, dia adalah seorang pragmatis dengan kemampuan yang terbukti untuk berurusan dengan elemen partai yang lebih konservatif.

Albanese telah berusaha untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat. Dia terlihat lebih ramping dan mengalami penurunan berat badan sebanyak 18 kilogram. Banyak orang menilai, hal ini  sebagai upaya untuk membuat Albanese lebih menarik bagi pemilih.

Januari tahun lalu, Albanese terlibat kecelakaan di Sydney. Ketika itu dia hanya pasrah dan tidak yakin dapat lolos dari kecelakaan tersebut. Ketika itu, Albanese yang mengendarai Toyota Camry ditabrak oleh mobil Range Rover yang dikendarai oleh remaja berusia 17 tahun. Remaja itu kemudian didakwa karena lalai dalam mengemudi.

Setelah kecelakaan itu, Albanese dirawat di rumah sakit. Dia menderita luka luar dan luka dalam yang tidak dia jelaskan secara rinci.

“Ketika Anda berasal dari tempat saya berasal, salah satu keuntungan yang Anda miliki adalah Anda tidak mendahului diri sendiri. Segala sesuatu dalam hidup adalah bonus,” kata Albanese.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement