Senin 25 Jul 2022 21:15 WIB

Droupadi Murmu Presiden Pertama dari Suku Terpinggirkan India

Murmu lahir dalam keluarga miskin dari suku Santhal dari negara bagian timur Odisha

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
India
Foto:

Presiden India bertindak sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata tetapi perdana menteri memegang kekuasaan eksekutif. Presiden dapat memainkan peran penting selama krisis politik, dengan memutuskan partai mana yang berada dalam posisi terbaik untuk membentuk pemerintahan.

Aljazirah melaporkan, pemilihan Murmu merupakan peristiwa bersejarah dan sangat simbolis. Sejak pemilihannya minggu lalu, ada banyak perayaan di sebagian besar wilayah suku di seluruh India. Pemilihan Murmu dimilai sebagai inspirasi bagi komunitas suku dan kaum perempuan untuk memiliki mimpi besar dan memasuki politik arus utama India.

Murmu menggantikan Ram Nath Kovind, yaitu presiden kedua dari komunitas Dalit, yang berada di dasar sistem kasta Hindu. Kemenangan Murmu dianggap sebuah kepastian karena kekuatan BJP yang berkuasa dan sekutunya di parlemen dan majelis negara bagian. Analis mengatakan, langkah itu kemungkinan akan membantu Perdana Menteri Modi memperluas basisnya di antara komunitas suku miskin menjelang pencalonannya kembali pada 2024.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement