Rabu 31 Aug 2022 09:40 WIB

PBB Cari Bantuan 160 Juta Dolar AS untuk Pakistan

160 juta dolar AS akan digunakan untuk makanan, air, sanitasi, kesehatan dan lainnya

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Pengungsi membawa barang-barang setelah mereka menyelamatkan barang-barang yang dapat digunakan dari rumah mereka yang dilanda banjir saat mereka menyeberangi daerah banjir di Jaffarabad, sebuah distrik di provinsi Baluchistan barat daya Pakistan, Sabtu, 27 Agustus 2022. Para pejabat mengatakan banjir bandang dipicu oleh hujan monsun lebat di sebagian besar Pakistan telah menewaskan hampir 1.000 orang dan membuat ribuan lainnya mengungsi sejak pertengahan Juni.
Foto:

Sehari sebelumnya, dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) menyetujui pelepasan 1,17 miliar dolar AS yang sangat ditunggu-tunggu untuk Pakistan. Dana tersebut merupakan bagian dari bailout enam miliar dolar AS yang disepakati pada 2019.

Pakistan telah mengambil risiko gagal bayar karena cadangannya menyusut dan inflasi melonjak, dan untuk mendapatkan bailout IMF, pemerintah harus menyetujui langkah-langkah penghematan. Namun, bencana banjir menambah beban baru bagi pemerintah yang kekurangan uang.

Peristiwa bencana luar biasa ini juga menunjukan negara-negara miskin sering membayar harga untuk perubahan iklim yang sebagian besar disebabkan oleh negara-negara yang lebih maju. Sejak 1959, Pakistan hanya bertanggung jawab atas 0,4 persen emisi bersejarah dunia yang dipersalahkan sebagai penyebab perubahan iklim. Sedangkan Amerika Serikat bertanggung jawab atas 21,5 persen, Cina 16,5 persen, dan Uni Eropa 15 persen.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement