Senin 09 Jan 2023 05:55 WIB

Biden Kunjungi Perbatasan AS-Meksiko

Biden terus diburu Partai Republik tentang keamanan perbatasan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Migran berbaris di samping Rio Bravo (Rio Grande) terlihat dari Ciudad Juarez, Meksiko, 23 Desember 2022, di perbatasan antara Meksiko dan AS.
Foto:

Biden memilih mengirim Wakil Presiden Kamala Harris ke El Paso pada 2021. Namun dia dikritik karena sebagian besar mengabaikan tindakan tersebut, karena El Paso bukanlah pusat penyeberangan seperti sekarang.

Presiden Barack Obama melakukan perjalanan pada 2011 ke El Paso. Dia melakukan tur operasi perbatasan dan jembatan internasional Paso Del Norte, tetapi dia kemudian dikritik karena tidak kembali karena puluhan ribu anak di bawah umur tanpa pendamping menyeberang ke AS dari Meksiko.

Sedangkan Trump yang menjadikan imigrasi yang semakin keras sebagai masalah utama melakukan perjalanan ke perbatasan beberapa kali. Dalam satu kunjungan, dia berdesakan di pos perbatasan kecil untuk memeriksa uang tunai dan obat-obatan yang disita oleh agen.

Selama perjalanan ke McAllen, Texas, yang saat itu menjadi pusat krisis yang berkembang, Trump membuat salah satu klaim yang paling sering diulanginya. Dia menyatakan, Meksiko akan membayar untuk membangun tembok perbatasan. Walau AS akhirnya membayar pembuatan tembok itu setelah para pemimpin Meksiko dengan tegas menolak gagasan itu.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement