Sabtu 03 Jun 2023 07:25 WIB

Menhan AS dan Cina Saling Berkontak di Singapura

Cina sebelumnya menolak pertemuan formal dengan Menhan AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Cina-Amerika
Foto: washingtonote
Bendera Cina-Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin berjabat tangan dengan Menteri Pertahanan Nasional Cina Li Shangfu di sela-sela Shangri-La Dialogue ke-20. Pentagon menyatakan pada Jumat (2/6/2023), keduanya tidak melakukan pertukaran substantif dalam momen tersebut.

Dalam video yang diposting di Twitter oleh reporter Wall Street Journal, Austin terlihat tersenyum sambil berjabat tangan dengan Li di sekitar meja makan. Dalam sebuah pernyataan, Pentagon mengatakan keduanya hanya berbicara singkat.

Baca Juga

"Departemen percaya dalam mempertahankan jalur terbuka komunikasi militer-ke-militer dengan RRC — dan akan terus mencari diskusi militer-ke-militer yang bermakna di berbagai tingkat untuk mengelola hubungan secara bertanggung jawab," kata juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder merujuk kepada nama resmi Cina, Republik Rakyat Cina (RRC).

Cina sebelumnya menolak pertemuan formal antara Lin dengan Austin selama pertemuan puncak keamanan Shangri-La berlangsung pada Jumat hingga Ahad (2-4/6/2023). Hubungan Beijing dan Washington tegang akibat banyak faktor, mulai dari Taiwan dan catatan hak asasi manusia Cina hingga aktivitas militernya di Laut Cina Selatan.

Terlepas dari ketegangan dan retorika yang memanas, para pejabat militer AS telah lama berusaha untuk membuka jalur komunikasi dengan rekan-rekan Cina. Namun, pada peristiwa tuduhan balon mata-mata Cina di wilayah AS pada Februari tahun ini membuat hubungan militer kedua negara semakin berjarak.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement