Ahad 25 Jun 2023 06:20 WIB

Situasi Memanas Usai Pembelotan Wagner, WNI Diperingatkan tak Kunjungi Rostov dan Voronezh

Wagner membelot setelah militer Rusia tewaskan pasukannya lewat serangan udara.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
  Prajurit dari perusahaan militer swasta (PMC) Wagner Group berpatroli di sebuah jalan di Rostov-on-Don, Rusia selatan, 24 Juni 2023. Kendaraan keamanan dan lapis baja dikerahkan setelah pasukan Wagn
Foto:

Prigozhin mengancam akan menghancurkan apa pun yang menghalangi perjalanan pasukannya. Pasukan Wagner yang dipimpin Prigozhin sempat dilaporkan berhasil mengambil alih kontrol Distrik Militer Selatan di Rostov. Di sana, dia sempat bertemu dan berbincang dengan wakil menteri pertahanan Rusia serta wakil kepala intelijen militer Rusia.

"Kami telah tiba di sini, kami ingin menerima Panglima Angkatan Bersenjata (Rusia Jenderal Valery Gerasimov) dan (Menteri Pertahanan Sergey) Shoigu. Kecuali mereka datang, kami akan berada di sini. Kami akan memblokade kota Rostov dan menuju Moskow," kata Prigozhin dalam sebuah video yang dirilis akun Telegram terafiliasi Wagner.

Selain Distrik Militer Selatan, pasukan Wagner pun mengeklaim berhasil merebut kontrol atas fasilitas-fasilitas militer di Voronezh. Presiden Vladimir Putin berang atas aksi pembelotan dan pemberontakan yang dilakukan Prigozhin dan pasukan Wagner. Putin menyebut apa yang dilakukan pasukan Wagner adalah sebuah pengkhianatan terhadap Rusia.

"Tindakan kami untuk mempertahankan Tanah Air dari ancaman semacam itu akan sangat keras. Semua orang yang dengan sengaja melangkah di jalan pengkhianatan, mempersiapkan pemberontakan bersenjata, yang mengambil jalan pemerasan dan metode teroris, akan menderita hukuman tak terelakkan, akan bertanggung jawab, baik kepada hukum maupun rakyat kita," ujar Putin.

Rusia telah mendeklarasikan rezim kontra-terorisme untuk merespons aksi pembelotan oleh pasukan Wagner. Deklarasi itu memberikan otoritas keamanan kekuatan lebih untuk mengambil tindakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement