Sabtu 01 Jul 2023 01:30 WIB

Daftar Negara-Negara yang Kutuk Aksi Pembakaran Alquran di Swedia

Aksi pembakaran Alquran dilakukan di depan Masjid Raya Sodermalm, Stockholm.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Polisi turun tangan di tempat kejadian di mana seorang pria membakar Alquran di luar masjid di Stockholm, Swedia, 28 Juni 2023.
Foto:

Yordania

Yordania pada hari Kamis memanggil duta besar Swedia di Amman dan memberitahukan protes keras dari negara tersebut, Kementerian Luar Negeri dan Ekspatriat Yordania mengatakan dalam sebuah pernyataan. Negara itu mengutuk tindakan tersebut, menyebutnya sebagai rasis dan hasutan.

"Kementerian menegaskan bahwa membakar Alquran adalah tindakan kebencian yang berbahaya, dan manifestasi dari Islamofobia yang menghasut kekerasan dan menghina agama dan tidak dapat dianggap sebagai bentuk kebebasan berekspresi sama sekali," kata kerajaan dalam sebuah pernyataan.

Yordania mengatakan bahwa menolak ekstremisme adalah tanggung jawab kolektif yang harus dipatuhi semua orang.

Kuwait

Kementerian Luar Negeri Kuwait mengatakan bahwa pembakaran tersebut merupakan langkah berbahaya dan provokatif yang mengobarkan perasaan umat Islam di seluruh dunia. Kementerian tersebut menyerukan kepada komunitas internasional dan pemerintah untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan cepat untuk menghilangkan perasaan kebencian, ekstremisme, dan intoleransi agama.

Yaman

Pemerintah Yaman menolak insiden tersebut sebagai insiden yang sengaja memprovokasi perasaan umat Islam di seluruh dunia pada acara-acara suci Islam oleh gerakan ekstremis yang penuh kebencian, sebuah pernyataan dari kementerian luar negerinya. Pernyataan tersebut juga menyerukan diakhirinya pelanggaran berulang yang berasal dari budaya kebencian.

Suriah

Pemerintah Suriah mengutuk tindakan memalukan pada salah satu hari tersuci bagi umat Islam oleh seorang ekstremis dengan izin dan persetujuan pemerintah Swedia.

Palestina

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut penodaan tersebut sebagai serangan mencolok terhadap hak asasi manusia, nilai-nilai toleransi, penerimaan orang lain, demokrasi, dan hidup berdampingan secara damai di antara para pemeluk semua agama.

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab memanggil duta besar Swedia pada hari Kamis untuk memprotes pembakaran tersebut.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement