Ahad 06 Aug 2023 14:20 WIB

Filipina Tuduh Kapal Penjaga Pantai Cina Tembakan Meriam Air

Penjaga pantai Cina menembakkan meriam ke kapal suplai militer Filipina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Dalam foto yang disediakan oleh Penjaga Pantai Filipina ini, sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok, di depan, diduga memblokir jalur kapal Penjaga Pantai Filipina di dekat Beting Thomas Kedua yang diduduki Filipina, Laut Cina Selatan selama misi pasokan ulang pada hari Sabtu, 5 Agustus 2023.
Foto:

PGC mengatakan salah satu kapal Cina berada dalam jarak sekitar 90 meter dari haluan BRP Malabrigo, sehingga memaksa komandan kapal memperlambat laju kapal untuk menghindari tabrakan.

Insiden lain terjadi pada bulan April ketika sebuah kapal penjaga pantai Cina memotong jalur kapal patroli Filipina Malapascua yang membawa wartawan di dekat Second Thomas Shoal.

Dalam sebuah pernyataan, Departemen Luar Negeri AS mengutuk tindakan Cina pada Sabtu kemarin. AS mengatakan tindakan penjaga pantai dan "milisi maritim" tersebut mengancam perdamaian dan stabilitas regional.

Cina mengklaim hampir seluruh wilayah laut yang dilalui triliunan dolar perdagangan setiap tahunnya. Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan dan Vietnam juga mengklaim Laut Cina Selatan.

 

Manila mengatakan kapal-kapal CCG dan angkatan laut Cina rutin menghalangi atau membayangi kapal-kapal Filipina yang berpatroli di perairan yang disengketakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement