Jumat 29 Dec 2023 17:46 WIB

Tank dan Rudal Israel Gempur Selatan dan Tengah Gaza

Warga Palestina bersiap menghadapi serangan darat baru.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Unit artileri bergerak Israel menembakkan peluru dari Israel selatan menuju Jalur Gaza di dekat perbatasan Israel-Gaza pada Kamis, 28 Desember 2023.
Foto:

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf Al-Qidra mengatakan sebanyak 20 orang gugur dan 55 lainnya terluka di Rafah dalam salah satu serangan udara paling mematikan Israel. Warga dan petugas medis setempat mengatakan Israel mengebom gedung tempat warga sipil mencari perlindungan.

Pihak berwenang Palestina mengatakan pasukan keamanan Israel menembak hingga tewas seorang warga Palestina yang menikam dua personel keamanan di pos pemeriksaan dekat Yerusalem. Polisi Israel mengatakan personel-personel keamanan itu mengalami luka ringan. Hamas memuji serangan tersebut.

"Kami mengajak rakyat kami di Tepi Barat dan daerah pendudukan untuk mengintensifkan operasi dan konfrontasi terhadap musuh Zionis," kata Hamas dalam pernyataannya.

Konflik Israel-Hamas juga mulai menyebar ke seluruh Timur Tengah. Houthi di Yaman menyerang kapal-kapal komersial di Laut Merah sebagai bentuk solidaritas mereka pada Hamas.

Militer AS mengatakan mereka menembak jatuh satu drone dan satu rudal balistik anti-kapal yang ditembakkan Houthi di Selatan Laut Merah. Serangan itu merupakan percobaan ke-22 Houthi menyerang kapal internasional sejak 19 Oktober lalu.

Di media sosial X, Komando Pusat AS mengatakan tidak ada laporan kerusakan atau korban luka dari 18 kapal di perairan tersebut. Video kantor berita Reuters menunjukkan tim penyelamat menyisir reruntuhan untuk mengeluarkan para korban termasuk seorang bayi dan beberapa anak dan membawa mereka ke Rumah Sakit Kuwait yang terdekat.

Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan...

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement