Jumat 01 Mar 2024 00:01 WIB

BBC Telusuri Klaim Israel Bunuh 10 Ribu Pejuang Hamas

Israel tidak mampu memberikan angka pasti jumlah pejuang Hamas yang berhasil dibunuh.

Pejuang Hamas Palestina
Foto:

Analisa Video. BBC Verify meninjau seluruh 280 video yang diunggah ke saluran YouTube IDF dari tanggal 7 Oktober 2023 hingga 27 Februari 2024. Hasilnya, BBC Verify menemukan bahwa sangat sedikit yang berisi bukti visual tentang terbunuhnya para pejuang Hamas.

‘’Hanya satu yang diposting pada 14 Desember, yang dimaksudkan untuk menunjukkan mayat para pejuang. Sejumlah video lain menunjukkan para pejuang ditembak,’’ sebut BBC.

BBC Verify juga berusaha menghitung jumlah tewas pejuang Hamas lewat klaim individu di saluran Telegram resmi IDF. BBC Verify menemukan 160 unggahan yang mengeklaim telah membunuh sejumlah pejuang Hamas dengan total 714 korban jiwa.

Namun, ada juga 247 referensi yang menggunakan istilah seperti ‘beberapa’, ‘puluhan’ atau ‘ratusan’ yang terbunuh. Sehingga penghitungan keseluruhan yang berarti, menjadi tidak mungkin dilakukan.

Analisa Demografi. Kementerian Kesehatan Hamas menyebut jumlah korban tewas sedikitnya 30.139 orang. Perincian demografi terakhir yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan pada 29 Februari 2024 menunjukkan bahwa lebih dari 70% korban tewas adalah perempuan dan anak-anak.

‘’Jadi, dengan angka yang menunjukkan bahwa kurang dari 30% dari mereka yang terbunuh adalah laki-laki --beberapa di antaranya mungkin berusia di atas usia berperang-- para ahli akhirnya menjadi bertanya-tanya tentang bagaimana Israel sampai pada klaimnya bahwa mereka telah membunuh 10 ribu pejuang Hamas,’’ sebut BBC Verify.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement