Jumat 01 Mar 2024 00:01 WIB

BBC Telusuri Klaim Israel Bunuh 10 Ribu Pejuang Hamas

Israel tidak mampu memberikan angka pasti jumlah pejuang Hamas yang berhasil dibunuh.

Pejuang Hamas Palestina
Foto:

Pernyataan klaim Israel soal jumlah tewas pejuang Hamas selalu berbeda-beda. IDF sebelum perang mengatakan bahwa Hamas memiliki sekitar 30 ribu pejuang di Gaza. Pada bulan Desember, IDF menggambarkan bahwa mereka membunuh dua warga sipil untuk setiap pejuang Hamas sebagai hal yang ‘sangat positif’.

Pada 29 Desember 2023, juru bicara IDF Mayor Doron Spielman mengatakan kepada Sky News Australia bahwa 8.000 pejuang Hamas telah terbunuh. Dia mengatakan bahwa angka tersebut didasarkan pada intelijen, interogasi dan pemeriksaan foto satelit.

Pada pertengahan Januari 2024, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengklaim Israel telah menghancurkan dua pertiga resimen pejuang Hamas di Gaza. Pada 19 Februari 2023, Times of Israel melaporkan IDF mengatakan 12 ribu pejuang Hamas telah terbunuh. 

‘’Kami menanyakan angka tersebut kepada IDF. Dalam dua tanggapan terpisah kepada kami, mereka mengatakan bahwa angka tersebut adalah ‘kira-kira 10 ribu’ dan ‘lebih dari 10 ribu’,’’ sebut BBC.

Kedutaan Besar Israel di Inggris pun memberikan jawaban yang berbeda. Mereka mengatakan kepada BBC bahwa jumlah total pejuang Hamas yang terbunuh adalah antara 10 ribu sampai 12 ribu orang.

Analisa Video. BBC Verify meninjau seluruh 280 video yang diunggah ke saluran YouTube IDF dari tanggal 7 Oktober 2023 hingga 27 Februari 2024. Hasilnya...... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement