Kamis 26 Feb 2015 17:37 WIB

Putri Miliuner Tambang Australia Raih Warisan Rp 250 Miliar

Red:
abc news
abc news

REPUBLIKA.CO.ID, AUSTRALIA BARAT -- Olivia Jacqueline Mead, putri miliuner tambang asal Australia Michael Wright, berhasil meraih 25 juta dolar (Rp sekitar 250 miliar). Ini terjadi setelah dia menggugat warisan ayahnya. Namun sebagai bagian dari kesepakatan, Olivia harus melepaskan semua haknya atas kekayaan keluarga.

Olivia (19 tahun) yang ibunya Elizabeth mempunyai hubungan dengan Michael Wright di tahun 1990an, mengajukan gugatan warisan pada Desember 2012 ke Mahkamah Agung Australia Barat.

Dalam gugatannya itu, Olivia berdalih bahwa pengaturan warisan dari mendiang ayahnya bahwa ia hanya diberikan 3 juta dolar adalah tidak adil, terutama dalam menunjang kehidupan dan pendidikannya.

Karena itu, Olivia yang kini masih sedang kuliah S1, menggugat harta warisan ayahnya yang diperkirakan lebih dari 1 miliar dolar (lebih dari Rp 10 triliun).

Keputusan pengadilan yang dipimpin Hakim Craig Sanderson, Kamis (26/2) menggambarkan harta kekayaan Michael Wright sebagai "kolosal".

Dalam keputusannya Hakim Sanderson mengatakan Olivia berhak atas dana 25 juta dolar, sementara dua putri Michael dari istri sebelumnya masing-masing akan menerima 10 juta dolar lebih sedikit.

"Ini tidak termasuk 400 juta dolar yang telah mereka miliki," katanya.

Hakim Sanderson mengatakan, pendapatan dari pengelolaan kekayaan keluarga akan menghasilkan 24 juta dolar pertahun bagi kedua putri lainnya ini.

Dalam persidangan terungkap bahwa Olivia sendiri dalam gugatannya menyatakan berhak atas rumah senilah lima kali lipat harga rata-rata di Kota Perth.

Rumah itu, katanya, harus diisi dengan barang-barang mewah, di samping 300 dolar perminggu untuk biaya tagihan listrik, air, dan gas.

Olivia juga menyatakan berhak atas 800 dolar perminggu untuk makanan dan alkohol, 150 dolar perminggu untuk wine, serta 300 dolar perminggu untuk baju.

Selain itu, Olivia meminta 10 ribu dolar (Rp 100 juta) pertahun untuk membeli tas dan asesoris. Ia juga menyatakan memerlukan dua pasang kacamata mereka Tiffany and Co setiap tahun.

Dalam permintaan lainnya, Olivia menyatakan ingin membeli gitar bass berlapis berlian senilai 250 ribu dolar (RP 2,5 miliar), yang disebut-sebut gitar bass termahal di dunia.

Michael Wright meninggal dunia pada April 2012 pada usia 74 tahun. Ia merupakan anak dari Peter Wright, yang merupakan mitra bisnis Lang Hancock.

Michael Wright juga merupakan pemilik perkebunan anggur Voyager Estate. Kakeknya Canon McClemans, merupakan pendiri dari sekolah paling bergengsi di Perth, yaitu Christ Church Grammar School.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement