Jumat 28 Dec 2012 02:18 WIB

Utusan Suriah akan Berunding di Moskow

Lakhdar Brahimi
Foto: theelders.org
Lakhdar Brahimi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Utusan Internasional soal Suriah, Lakhdar Brahimi, akan terbang ke Moskow pada Sabtu (29/12) untuk mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Pembicaraannya bakal seputar cara-cara mengakhiri konflik 21 bulan di Suriah, kata juru bicara kementerian luar negeri Rusia.

Diplomat Suriah sebelumnya, pada Kamis  (27/12), memasuki Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow untuk membahas proposal bagi resolusi damai untuk krisis Suriah. Hal itu dilakukan, menyusul dorongan diplomatik oleh Brahimi di Damaskus pekan ini.

Menurut juru bicara kementerian luar negeri, rencana yang dibuat oleh Brahimi kepada penengah peralihan kekuasaan damai di Suriah akan menjadi agenda utama dalam pertemuan Lavrov dan Brahimi akhir pekan ini.

"Kami berencana untuk membahas berbagai isu terkait dengan penyelesaian politik dan diplomatik di Suriah, termasuk upaya Brahimi yang bertujuan mengakhiri kekerasan dan peluncuran komprehensif dialog nasional," kata Alexander Lukashevich, seperti dilansir Reuters.

Pada Kamis, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah, Faisal Makdad, dan pembantu lain akan bertemu Lavrov dan Mikhail Bogdanov, yang Kremlin utus untuk urusan Timur Tengah, kata satu sumber kementerian luar negeri Rusia tanpa merinci sifat pembicaraan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement