Senin 16 May 2016 16:35 WIB

Pemberontak FARC akan Hapus Tentara Anak

Rep: Gita Amanda/ Red: Teguh Firmansyah
FARC
Foto: AP/Ricardo Mazalan
FARC

REPUBLIKA.CO.ID,  HAVANA -- Kelompok pemberontak Marxis Kolombia (FARC) setuju untuk menghapus anak-anak dari jajaran tentara mereka. Ini menjadi bagian dari kesepakatan damai dengan pemerintah.

Seperti dilansir Aljazirah, Senin (16/5), Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia sepakat pada Ahad (15/5), bahwa anak di bawah 15 tahun tak akan lagi bergabung dalam jajaran tentara mereka.

Ini berlaku segera setelah kesepakatan dicapai. Di antara kesepakatan, mereka memutuskan anak-anak akan kembali diintegrasikan kembali ke masyarakat.

Berita perjanjian datang saat FARC dan Kolombia berupaya mencapai gencatan senjata bilateral. Salah satu poin kesepakatan damai dapat mengakhiri perang saudara panjang. Kedua belah pihak tak segera menyatakan berapa banyak anak di bawah umur akan meninggalkan barisan FARC.

Setelah kemajuan pekan ini dalam pembicaraan, Presiden Juan Manuel Santos mengatakan pada Jumat (14/5), ia berharap perang melawan FARC segera berakhir.

Selama ini konflik Kolombia telah membuat 260 ribu orang tewas dan 45 ribu lainnya hilang. Kelompok hak asasi manusia mengatakan kedua pihak telah melakukan kekejaman.

Baca juga, Presiden Venezuela Nyatakan Keadaan Darurat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement