Ahad 25 Sep 2011 19:51 WIB

Menlu Spanyol: Israel Adalah Tanah Air Yahudi

Rep: Dyah Meta/ Red: Stevy Maradona
Bendera Israel
Bendera Israel

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Menteri Luar Negeri Spanyol Trinidad Jimenez, Sabtu (24/9) membuat pernyataan cukup mengejutkan terkait konflik Palestina-Israel. Dia menyatakan, Israel sebagai tanah air orang Yahudi sehingga masalah pengungsi Palestina harus diselesaikan.

Jimenez menekankan komitmennya  kepada Israel sebagai perwujudan dari proyek untuk menciptakan tanah air bagi orang-orang Yahudi . Dia menceritakan sejak berdirinya, warga  Israel telah hidup melalui banyak perang dan telah menderita dari serangan terorisme.

Bagi  Spanyol, ujar Jimenez,  keamanan lahirnya  negara muda ini penting. Dia menyerukan pembentukan sebuah negara Palestina dengan Jerusalem sebagai ibukota bersama dengan Israel. Menurutnya keamanan Israel dan Palestina memerlukan jaminan yang efektif dalam perjanjian perdamaian di masa depan, termasuk kemungkinan partisipasi internasional.

Spanyol mendukung Majelis Umum PBB memberikan status bukan anggota negara pengamat pada Palestina. Hal itu kepada  masyarakat internasional bahwa pembentukan negara Palestina merdeka perlu dilakukan.

Jimenez menceritakan dukungan lama Spanyol terhadap  perjuangan Palestina melawan penjajahan. Namun, dia juga menekankan pihaknya memiliki hubungan historis antara Spanyol dan Yahudi sejak berabad-abad lalu. "Identitas Spanyol tidak dapat dipahami tanpa warisan Arab dan Yahudi," tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement