Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Mesir Buka Perbatasan Rafah, Truk Bantuan Masuk Gaza

Jumat 23 Mar 2018 20:15 WIB

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nur Aini

 Pos penyeberangan perbatasan Rafah, antara Mesir dan Jalur Gaza, di Rafah, Mesir.

Pos penyeberangan perbatasan Rafah, antara Mesir dan Jalur Gaza, di Rafah, Mesir.

Foto: AP/Roger Anis
Rafah dibuka untuk pasien, siswa, hingga wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Penyeberangan di perbatasan Rafah antara Mesir dan Jalur Gaza telah dibuka selama dua hari mulai hari ini, Jumat (23/3). Dua truk barang akhirnya bisa masuk ke Gaza.

Pasien yang membutuhkan perawatan medis akan diizinkan melalui penyeberangan tersebut. Mereka termasuk juga siswa yang ingin bepergian ke luar negeri.

Dilaporkan Middle East Monitor, Jumat (23/3), sejak dibukanya penyeberangan tersebut, beberapa bus yang membawa pelancong melewati persimpangan tersebut hari ini.

Sejak kudeta militer pada 2013 di Mesir, penyeberangan Rafah telah ditutup hampir seluruhnya. Ketika itu tokoh militer kuat Abdel Fattah al-Sisi menguasai Mesir dan bergabung dengan pengepungan yang dipimpin Israel di Jalur Gaza.

Pada 2017, penyeberangan Rafah dibuka hanya selama 35 hari. Selama itu hampir 35 ribu kasus kemanusiaan terdaftar di kementerian dalam negeri Mesir. Penyeberangan Rafah dan penyeberangan lain di Gaza diserahkan kepada Otoritas Palestina (PA) setelah perjanjian rekonsiliasi terakhir antara Fatah dan Hamas di bawah naungan intelijen Mesir.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA