Ahad 06 Jan 2013 17:13 WIB

Majelis Nasional Amankan Kursi Chavez

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Presiden Venezuela, Hugo Chavez.
Foto: REUTERS/Tomas Bravo
Presiden Venezuela, Hugo Chavez.

REPUBLIKA.CO.ID,KARAKAS--Ketua Majelis Nasional di Venezuela, Diosdado Cabello  mengamankan kursi kepresidenan milik Hugo Chavez. 

Diasdado akan menjadi presiden sementara jika Chavez tidak pulih dari penyakit yang diderita ataupun, dinyatakan tewas. ''Aku bersumpah untuk setia untuk membela Komandan Hugo Chavez,'' ujarnya  saat diambil sumpahnya, di Ibu Kota Karakas, Sabtu (5/1) seperti dilansir Reuters.

Menurut Diasdado, tidak ada peluang bagi oposisi untuk menggulingkan kekuasaan sosialis di negeri tersebut. Dia menegaskan, akan mengambil peran eksekutif sampai presiden terpilih sembuh, dan dapat disumpah dan dilantik.

Konstitusi Venezuela menuliskan, presiden terpilih harus disumpah jabatan di ibu kota Kamis (10/1) mendatang. Tapi hingga sekarang Chavez yang terpilih kembali melalui pemilihan Oktober lalu belum berada di Karakas. Chavez dikabarkan dalam kondisi pemulihan pascaoperasi di Havana, Kuba sejak Selasa (11/12).

Sejak 1999  Chavez menjalani operasi kanker.  Kabar sumir mengenai dirinya memicu perdebatan politik dalam dan luar negeri. Situasi tersebut menjadi peluang oposisi untuk mengambil alih kekuasaan.  Oposisi mengatakan, ketidakhadiran presiden terpilih saat sumpah jabatan adalah inskontitusional.

sumber : reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement