Jumat 11 Jan 2013 19:06 WIB

Rusia Harap Hugo Chavez Segera Sembuh

Presiden Venezuela Hugo Chavez saat berpidato di televisi dari Istana Presiden  Miraflores, Caracas, Sabtu (7/4).
Foto: Francisco Batista/AP
Presiden Venezuela Hugo Chavez saat berpidato di televisi dari Istana Presiden Miraflores, Caracas, Sabtu (7/4).

REPUBLIKA.CO.ID,MOSKOW--Pemerintah Rusia berharap Presiden Venezuela Hugo Chavez segera sembuh dari penyakit kanker yang dideritanya. Rusia yakin kesembuhan Chavez penting guna mencegah destabilisasi di negara itu. Oposisi di Venezuela saat ini tengah berupaya agar Chavez terjungkal dari kursi kepresidenannya.

Departemen Luar Negeri Rusia menyatakan, pihaknya mengamati dengan cermat kemajuan situasi di negara sahabat Venezuela. Mereka tulus berharap Chavez segera pulih sedini mungkin.

"Kami percaya penuh bahwa kemampuan untuk bertahan dan stamina khas pemimpin Venezuela akan membantu untuk mengatasi tantangan saat ini dan kembali ke kantor," kata seorang pejabat Deplu Rusia.

Rusia percaya bahwa prinsip non-interferensi di Venezuela adalah urusan internal. Masalah ketaatan serta kepuasan terhadap konstitusinya merupakan hak eksklusif rakyat Venezuela sendiri.

"Dalam hubungan ini, kami telah mendengar pemberitahuan dari putusan Mahkamah Agung mengenai legitimasi penundaan tak terbatas bagi hari pelantikan Presiden Hugo Chavez," ujar pejabat tersebut.

Menurut Rusia, hal terpenting sekarang adalah pencegahan destabilisasi di Venezuela. Semua kekuatan politik dalam negeri dan luar negeri harus menjadi ujung tombak upaya mereka menuju tujuan itu.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement