Selasa 29 Sep 2015 07:58 WIB

Dalam 10 Hari, Tentara Turki Amankan 3.500 Pengungsi Suriah

Rep: c25/ Red: Bilal Ramadhan
Pemakaman Aylan Kurdi, balita Suriah yang tewas tenggelam dan ditemukan di pantai Turki.
Foto: Sipan Ibrahim via AP
Pemakaman Aylan Kurdi, balita Suriah yang tewas tenggelam dan ditemukan di pantai Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pemerintah Turki menyatakan penjaga pantai telah menemukan 30 orang lagi dan total sudah menyelamatkan lebih dari 3.500 pengungsi dari Laut Aegea selama 10 hari terakhir.

Seperti dilansir anadolu agency, Gubernur Izmir merilis data dan mengklaim kalau pemerintah Turki telah melakukan 134 pencarian dan penyelamatan, antara 18 sampai 28 September.

Gubernur yang memberikan pernyataan pada hari Senin (28/9), menambahkan bahwa delapan pelau perdagangan manusia telah ditahan selama operasi dilakukan. Secara keseluruhan, 54.255 pengungsi telah diselamatkan dari perairan Aegean, sedangkan 116 mayat telah ditemukan.

Sebanyak 69 pelaku perdagangan manusia juga telah ditangkap sejak tanggal satu Januari tahun ini. Krisis pengungsi telah menjadi isu yang akut sejak dua September, ketika belasan pengungsi Suriah, termasuk delapan anak-anak, tenggelam setelah kapal mereka terbalik dalam perjalanan ke Yunani.

Foto balita Suriah berusia tiga tahun Aylan Kurdi, yang tubuhnya tak bernyawa terdampar di pantai Turki, menunjukkan kepada seluruh dunia pada nasib para pengungsi yang putus asa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement