Jumat 22 Jan 2021 01:43 WIB

Menanti Perubahan Kawasan dan Timteng di Era Biden-Harris

Biden-Harris akan membawa sejumlah perubahan kebijakan luar negeri dan ekonomi

Red: Nur Aini
Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris secara resmi dilantik dalam upacara yang dijaga ketat di Gedung Capitol Hill pada Rabu (20/1).

Pengamat Pertahanan dari Lembaga Studi dan Studi Strategis Indonesia (Lesperssi) Beni Sukadis menilai pemerintahan Amerika Serikat yang dipimpin Joe Biden tidak akan seagresif pada masa pemerintahan Trump.

Dia menilai pendekatan diplomasi multilateral akan dilakukan sebagai contoh kembalinya AS pada Paris Agreement, yang diumumkan hari ini, serta negosiasi dengan Iran. Joe Biden, kata dia, juga akan memperbaiki hubungan dengan sekutu NATO yakni Jerman, Prancis, dan Inggris.

Sementara di wilayah Asia Tenggara, Amerika Serikat tetap akan mengandalkan sekutu dekatnya yakni Singapura dan Filipina serta tetap berupaya menjaga hubungan baik dengan Indonesia sebagai pemimpin ASEAN agar bisa menjaga keseimbangan dengan China.

Namun, berkaitan dengan Laut China Selatan, sikap AS akan tetap sama, kata Beni.

"Karena ini isu yang tidak bisa ditawar bahwa perairan di Laut China Selatan merupakan jalur lintas kapal internasional,' kata Beni kepada Anadolu Agency pada Kamis.

"AS akan tetap beroperasi dalam Freedom of Navigation, sebagai tanda tidak boleh ada negara lain yang mendominasi atau mengklaim Laut China Selatan sepihak," tambah dia.

Hubungan pertahanan dan keamanan dengan Indonesia juga diperkirakan akan lebih mesra.

Indonesia, jelas Beni, merupakan salah satu mitra terdekat sejak lama terutama dalam konteks stabilitas di indo-Pasifik

"Secara esensial jika Indonesia mau kerja sama keamanan apa pun dari AS, kemungkinan akan dilakukan dan akan dipenuhi," pungkas dia.

Turunkan tensi ketidakpastian keuangan global

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/menanti-perubahan-kawasan-dan-timur-tengah-di-era-biden-harris/2118159
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement