Sabtu 23 Jan 2021 10:50 WIB

Joe Biden Hubungi Justin Trudeau Hingga Lopez Obrador

Trudeau kecewa atas keputusan Biden terkait proyek pipa minyak Keystone XL.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
 Presiden Joe Biden memegang buklet saat berbicara tentang virus corona di Ruang Makan Negara Gedung Putih, Kamis, 21 Januari 2021, di Washington.
Foto:

Meksiko meminta mantan menteri pertahanan mereka Jenderal Salvador Cienfuegos  yang ditahan di Los Angeles bulan Oktober untuk dipulangkan. Mereka mengancam akan membatasi pergerakan agen-agen AS di Meksiko bila jaksa AS tidak mencabut dakwaan dan memulangkan Cienfuegos.

Namun Meksiko sudah meloloskan undang-undang yang membatasi pergerakan agen asing di negara itu. Mereka menghapus imunitas para agen asing dan  terus mempublikasikan dokumen kasus AS terhadap Cienfuegos.

Dalam pernyataannya, López Obrador mengatakan pembicaraannya dengan Biden 'bersahabat dan saling menghargai'. Mereka membahas imigrasi dan Covid-19 serta sejumlah isu lainnya.

Sebelum pembicaraan Jumat lalu, Trudeau mengatakan ia tidak akan membiarkan perbedaannya dengan Biden mengenai proyek pipa minyak menjadi sumber ketegangan AS-Kanada. "Hubungan dengan tidak selalu selaras dengan sempurna," kata Trudeau.

"Itu terjadi pada presiden mana pun, tetapi situasi kami saat ini, nilai-nilai dan fokus kami selaras, saya menantikan bekerja sama dengan Presiden Biden," tambah Trudeau.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement