Senin 25 Jan 2021 15:30 WIB

Fauci: Donald Trump Minta Saya tak Besar-besarkan Covid

Fauci sebut, Trump meminta ia selalu bersikap positif.

Rep: Puti Almas/ Red: Teguh Firmansyah
 Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases,
Foto:

Fauci juga mengungkapkan keprihatinan tentang bagaimana Trump akan menganggap pendapat rekan bisnis dan orang lain mengenai masalah terkait pandemi sebagai informasi penting.

Ia melihat, tampak jelas bahwa miliarder itu mendapat masukan dari orang yang meneleponnya, salah satunya membahas tentang obat. “Trump akan menganggap serius pendapat mereka yang tidak berdasarkan data, hanya anekdot. Bukan hanya hidroksiklorokuin, tapi berbagai jenis pengobatan alternatif,” kata Fauci menambahkan.

Trump menggunakan hidroksiklorokuin yang dikenal sebagai obat malaria untuk pengobatan Covid-19 pada tahap awal. Tahun lalu, ia juga membuat klaim kontroversial bahwa obat tersebut adalah obat untuk infeksi virus corona jenis baru.

Namun, dukungannya untuk hidroksiklorokuin yang belum terbukti melawan virus secara langsung bertentangan dengan pedoman badan kesehatan federal. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memperingatkan agar obat ini tidak digunakan untuk Covid-19 di luar keputusan rumah sakit atau uji klinis karena risiko terkait jantung bagi asien.

Fauci mengatakan, mencoba untuk menjelaskan kepada Trump bahwa obat-obatan perlu menjalani uji klinis. Namun, ia mengungkapkan bahwa suami dari Melania itu tidak percaya dan tetap yakin bahwa obat yang dipilihnya akan efektif untuk Covid-19.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement