Jumat 12 Feb 2021 13:07 WIB

Terkait Xinjiang, China Larang Saluran Televisi BBC

China mengecam laporan BBC soal pelecehan seksual di Xinjiang yang mayoitas Muslim.

Rep: Lintar Satria/Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
BBC
Foto:

Belum diketahui apakah ada indikasi wartawan BBC di China akan dideportasi. China mengusir wartawan asing dari The Washington Post, The Wall Street Journal dan  New York Times selama perang dagang melawan Washington tahun lalu.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengeluarkan pernyataan tertulis mengenai langkah China tersebut. Ia mengatakan langkah 'pembatasan kebebasan media yang tak dapat diterima itu' hanya akan 'merusak reputasi China di mata dunia.'

Badan penyiaran Hong Kong, RTHK mengatakan akan berhenti menyiarkan program BBC World pada Jumat malam. Mereka mengutip larangan dari NRTA.

Sebelumnya, pengawas badan komunikasi Inggris, Ofcom mencabut lisensi stasiun televisi China bahasa Inggris CGTN pada 4 Februari lalu. Salah satu alasannya stasiun televisi memiliki hubungan dengan Partai Komunis Cina. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan tindakan Ofcom 'berdasarkan alasan politik yang bias ideologi'.

Hilangnya hak siar di Inggris ini diprediksi menjadi pukulan keras bagi CGTN yang menjadi corong Partai Komunis Cina mempromosikan pandangannya ke luar negeri. Pusat CGTN Eropa terletak di Barat London.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Ned Price mengatakan pergerakan media asing di China dibatasi. "Sementara pemimpin-pemimpin Beijing menggunakan lingkungan yang bebas dan terbuka di luar negeri untuk mempromosikan informasi palsu," katanya.

Price mendesak Pemerintah China membiarkan masyarakat mendapatkan akses bebas ke media dan Internet. "Kebebasan media hak yang penting dan kunci untuk memastikan rakyat sipil mendapat informasi, masyarakat yang memiliki informasi dapat membagikan pandangan mereka dengan bebas di antara mereka sendiri dan dengan pemimpin mereka," tambah Price.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement