Kamis 18 Feb 2021 02:50 WIB

Kamp Militer China di Perbatasan Himalaya Mulai Dikosongkan

Pasukan China tampak membongkar bangunan dan memindahkan kendaraan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Bendera China.
Foto:

Video dan gambar yang dirilis oleh tentara India awal pekan ini menunjukkan pasukan China membongkar bunker dan tenda. Mereka juga memindahkan tank dan kendaraan sebagai bagian dari proses pengosongan kamp pertahanan.

Ketegangan antara militer China dan India mulai meningkat di perbatasan Himalaya pada April. Ketika itu, India menuding pasukan China menyusup ke sisi Garis Kontrol Aktual, perbatasan de facto. China membantah tuduhan itu dengan mengatakan mereka beroperasi di wilayahnya sendiri.

Namun konfrontasi meningkat pada bulan Juni ketika 20 tentara India dalam bentrokan dengan China di wilayah Galwan di Ladakh. Dalam bentrokan itu, Cina mengklaim pasukannya juga menjadi korban tewas. Namun, China enggan menyebutkan jumlah pasukan yang tewas akibat bentrokan tersebut. 

Militer China dan India telah melakukan pembicaraan diplomatik selama beberapa putaran. Namun kedua pihak tidak dapat mencapai kesepakatan, hingga pada Februari mereka mencapai kesepakatan fase pertama untuk menarik pasukan dari perbatasan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement