Jumat 19 Feb 2021 07:17 WIB

PBB Sebut Kelaparan Bisa Hapus Peluang Akhiri Konflik Yaman

Yaman sedang menuju bencana kelaparan terburuk dalam beberapa dekade.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Kelompok pemberontak Houthi Yaman
Foto:

Peringatan tetang kelaparan warga Yaman ini seiring dengan desakan menghentikan konflik di wilayah itu. “Dukungan internasional untuk mengakhiri konflik sangat diperlukan, dan ini menawarkan kami kesempatan baru untuk membuka kembali ruang untuk solusi yang dinegosiasikan,” kata Mediator Yaman PBB, Martin Griffiths kepada 15 anggota Dewan Keamanan PBB.

Griffiths mengunjungi Teheran bulan ini untuk pertama kalinya sejak menjadi utusan PBB tiga tahun lalu. Dia tidak menyebutkan kunjungannya selama pernyataan Dewan Keamanan publiknya.

Griffiths mengatakan, pihak yang bertikai perlu segera menyetujui gencatan senjata nasional, mengizinkan aliran bahan bakar tanpa hambatan dan komoditas lainnya ke pelabuhan Hodeidah. Kelompok-kelompok tersebut pun perlu mengizinkan lalu lintas komersial internasional untuk menggunakan bandara Sanaa. Griffiths mengatakan masalah ini telah dibahas secara teratur selama setahun terakhir.

“Yang dibutuhkan sederhana dan mendasar adalah kemauan politik untuk mengakhiri konflik ini. Kami tahu butuh keputusan," Griffiths.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement