Kamis 11 Mar 2021 00:13 WIB

AS Pertahankan Klaim China Lakukan Genosida terhadap Uighur

Pemerintahan Joe Biden mendukung penilaian pemerintahan Donald Trump soal China

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mempertahankan penilaian tentang adanya genosida terhadap Muslim Uighur di Xinjiang, China.
Foto:

Dalam forum Dewan HAM PBB yang digelar Februari lalu, menteri luar negeri dari beberapa negara Barat sangat menyoroti dugaan penindasan sistematis terhadap Muslim Uighur di Xinjiang. Mereka mendesak China agar membuka akses penyelidikan independen ke wilayah tersebut.

Beijing mengkritik tajam negara-negara terkait karena menggunakan forum Dewan HAM PBB untuk melayangkan tuduhan tak berdasar terhadapnya. Mereka juga dianggap mengintervensi urusan dalam negerinya. Namun, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya membuka diri untuk PBB jika ingin menyelidiki dugaan adanya kerja paksa dan genosida terhadap etnis Uighur di Xinjiang. Dia menekankan tidak ada praktik demikian di wilayah tersebut.

“Pintu ke Xinjiang selalu terbuka. Orang-orang dari banyak negara yang telah mengunjungi Xinjiang telah mempelajari fakta dan kebenaran di lapangan. China juga menyambut Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (PBB) untuk mengunjungi Xinjiang," kata Wang saat berbicara di Dewan HAM PBB pada Senin (22/2). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement