Selasa 13 Jul 2021 12:08 WIB

Joe Biden Puji Unjuk Rasa Rakyat Kuba Protes Harga Pangan

Unjuk rasa itu menjadi demonstrasi anti-pemerintah terbesar di Kuba

Rep: Lintar Satria / Red: Nur Aini
Bendera Kuba
Foto:

Pelaksana Tugas Asisten untuk Biro Departemen Dunia Bagian Barat, Julie Chung mengatakan dalam unjuk rasa itu rakyat Kuba menggunakan 'hak mereka untuk berkumpul dengan damai untuk mengungkapkan kekhawatiran mereka atas lonjakan kasus infeksi dan kematian Covid-19 dan kekurangan obat-obatan. "Kami memuji berbagai upaya rakyat Kuba dalam memobilisasi sumbang untuk membantu tetangga," katanya.

Namun juru bicara Gedung Putih Jen Psaki membingkai unjuk rasa itu didorong rasa frutasi yang lebih luas. Ia menyebut demonstrasi 'ekspresi mendadak rakyat yang lelah dengan penindasan dan salah kelola ekonomi pemerintah Kuba'.

Psaki menambahkan AS tetap membantu program vaksinasi Covid-19 Kuba. Tapi keputusan pemerintah Kuba tidak berpartisipasi dalam inisiatif distribusi vaksin dunia, Covax, mempersulit upaya tersebut.

"Kami tentu menyadari dan memahami akses terhadap vaksin salah satu isu yang disuarakan orang-orang di jalan, tapi kami harus menentukan mekanisme apa yang akan berhasil agar rakyat Kuba untuk mendapatkan vaksin," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement