Senin 02 Aug 2021 15:25 WIB

Diperingatkan Korut, Korsel Belum Putuskan Latihan Militer

Korea Selatan menegaskan latihan militer dengan AS seharusnya tidak memicu ketegangan

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Bendera Korea Selatan dan Korea Utara. Ilustrasi
Foto:

Pada Senin (2/8), Kementerian Pertahanan Korsel mengatakan Seoul dan Washington sudah melakukan pembicaraan mengenai latihan militer. Tapi belum ada keputusan yang dibuat.

"Kami tidak dapat berkomentar apa-apa mengenai pernyataannya, tapi mengenai latihan, waktu dan metodenya belum difinalisasi," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Boo Seung-chan.

Boo menambahkan keputusan akan diambil setelah kedua negara membahas Covid-19, sikap pertahanan gabungan, rencana penyerahan komando tempur AS di Korsel atau  wartime operational control. "(Dan isu-isu) upaya dukungan diplomatik untuk menciptakan perdamaian abadi di Semenanjung Korea," tambah Boo.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel Lee Jong-joo mengatakan latihan tersebut seharusnya tidak 'menjadi sumber ketegangan militer'. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut maksudnya.

Dalam beberapa tahun terakhir latihan tersebut mengalami kemunduran untuk memfasilitasi pembicaraan antara Korut dan pemerintah mantan Presiden AS Donald Trump yang bertujuan menghentikan program nuklir dan rudal Pyongyang. Namun, negosiasi tersebut mengalami kebuntuan setelah pertemuan kedua antara Trump dan Kim dari 2019 gagal. Pandemi virus corona juga berdampak pada latihan tersebut, sehingga AS dan Korsel lebih fokus pada latihan simulasi komputer dan meminimalisasi latihan di lapangan. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement