Sabtu 07 Aug 2021 18:05 WIB

Taliban Rayakan Kemenangan Usai Rebut Ibu Kota di Nimruz

Kota Zaranj merupakan ibu kota provinsi pertama yang disebut oleh Taliban.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Pasukan taliban di Afghanistan
Foto:

Dewan Keamanan PBB juga akan membahas jatuhnya Zaranj ke tangan Taliban. Perwakilan Khusus PBB untuk Afghanistan Deborah Lyons mempertanyakan komitmen Taliban pada penyelesaian konflik melalui solusi politik.

 

Pada Dewan Keamanan PBB ia mengatakan perang memasuki 'fase yang lebih mematikan dan menghancurkan'. Dalam satu bulan terakhir lebih dari 1.000 warga sipil tewas dalam serangan Taliban.

 

"Pihak yang berkomitmen dengan tulus untuk menegosiasikan penyelesaian tidak akan mengambil resiko mengorbankan begitu banyak warga sipil, karena mereka memahami proses rekonsiliasi menjadi lebih menantang, semakin banyak darah yang tertumpah," kata Lyons.

 

"Dewan Keamanan harus mengeluarkan pernyataan dengan suara bulat yang menyatakan serangan terhadap kota-kota harus dihentikan sekarang juga," kata Lyons pada 15 anggota dewan keamanan melalui video dari Kabul.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement