Rabu 18 Aug 2021 11:54 WIB

Ketika Wartawan BBC Terkejut Melihat Jubir Taliban

Selama bertahun-tahun Yalda Hakim hanya mendengar suara Jubir Taliban lewat telepon.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
 Di depan bendera Taliban, juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid berbicara pada konferensi pers pertamanya, di Kabul, Afghanistan, Selasa, 17 Agustus 2021.
Foto:

Hakim mengatakan semua misteri itu  adalah bagian dari strategi Taliban. Menurut Hakim, Taliban sangat terorganisir dan memiliki ideologis.

Terlepas dari apakah Mujahid adalah satu orang atau bukan, Hakim bersikalpwaspada dengan pernyataan yang dilontarkan Mujahid dalam konferensi pers.

"Peringatannya benar-benar hukum syariah, yang membuat saya merinding mereka masih belum menjelaskan seperti apa bentuknya. Itulah masalahnya dengan Taliban, mereka menipu, mereka menawan, mereka tahu bagaimana menggunakan bahasa yang benar, tetapi Anda tidak pernah yakin apakah Anda harus mempercayai mereka atau tidak. Ada banyak misteri, tapi apakah kita benar-benar tahu siapa mereka?," ujar Hakim.

Banyak wartawan lain melontarkan cuitan di Twitter ketika mereka melihat Mujahid secara langsung dalam konferensi pers. Salah satunya adalah jurnalis veteran BBC, John Simpson, yang menyebut Mujahid adalah pria yang relatif moderat dan menyenangkan.

Selama bertahun-tahun ada spekulasi apakah juru bicara Taliban sebenarnya berjumlah lebih dari satu orang. Kepala koresponden internasional BBC, Lyse Doucet, mengatakan, spekulasi ini menjadi diskusi yang telah lama berlangsung di kalangan wartawan.

Baca juga : Biden: AS Takkan Mengulangi Kesalahan di Afghanistan

Beberapa orang berpendapat bahwa pria yang duduk di depan kamera dalam konferensi pers, tampak terlalu muda bagi orang yang selama ini menjawab pertanyaan wartawan melalui telepon selama bertahun-tahun."Ada spekulasi selama bertahun-tahun bahwa itu adalah nama yang dibuat-buat, bahwa ada banyak nama Zabihullah. Sekarang tentu saja kita semua menerima ini Zabihullah Mujahid," kata Doucet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement