Ahad 17 Oct 2021 06:05 WIB

Kisah Jacobo Direkrut Kartel Jadi Pembunuh Saat Masih Bocah

Setelah dianggap tak berguna, Kartel mengeksekusi mati Jacobo, tapi ia selamat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Meksiko (ilustrasi)

Jaringan untuk Hak Anak di Meksiko mengatakan antara 2000 hingga 2019 di Meksiko, 21.000 pemuda di bawah 18 tahun dibunuh di Meksiko dan 7.000 hilang. Kelompok tersebut memperkirakan bahwa sekitar 30.000 pemuda telah direkrut oleh geng narkoba pada 2019.

Reinserta mengatakan anak-anak sering direkrut ke kartel oleh anak-anak lain seusia mereka. Penggunaan narkoba adalah salah satu cara untuk merekrut mereka.

Tapi, kartel juga menggunakan keyakinan agama dan rasa memiliki anak-anak yang tidak dapat diperoleh di tempat lain. Kombinasi kemiskinan, rumah yang penuh kekerasan, dan sekolah yang tidak responsif serta lembaga sosial, semuanya berperan.

Reinserta mewawancarai 89 anak di bawah umur yang ditahan di fasilitas pelanggar muda di tiga negara bagian perbatasan utara, dua negara bagian di Meksiko tengah, dan dua negara bagian tenggara. Dari 89 orang, 67 pemuda mengaku terlibat aktif dalam kartel.

Usia rata-rata saat mereka berhubungan dengan kartel adalah antara 13 sampai 15 tahun. Mereka semua telah putus sekolah dan akhirnya menggunakan senjata api.

Kartel narkoba menganggap anak-anak di bawah 18 tahun berguna, karena mereka lebih mudah luput dari perhatian dan tidak dapat dituntut sebagai orang dewasa. Mereka awalnya digunakan untuk penjualan narkoba tingkat jalanan dan sebagai pengintai, tetapi sering kali dengan cepat dipromosikan untuk bertindak sebagai pembunuh.

Reinserta mengusulkan solusi yang mungkin termasuk perhatian lebih dini untuk anak-anak, lebih banyak kesempatan rekreasi dan belajar, dan intervensi untuk mencegah kekerasan dalam rumah tangga. Kelompok ini juga mengusulkan pembuatan daftar nasional anak-anak yang direkrut oleh kartel, perhatian psikologis, dan pengobatan kecanduan yang dini serta efektif.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement