Ahad 24 Oct 2021 21:04 WIB

 Militer Kolombia Tangkap Pengedar Narkoba Paling Dicari

Kolombia telah menangkap pengedar narkoba yang paling dicari, Dario Antonio Usuga.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) dengan Presiden Kolombia Ivan Duque (kiri) selama pernyataan bersama di Casa de Narino di Bogota, Kolombia, 20 Oktober 2021.
Foto:

Sosok Usuga pun sudah lama sudah berada dalam daftar buronan paling dicari oleh Drug Enforcement Administration AS. Badan ini bahkan menawarkan penangkapannya hingga 5 juta dolar AS.

Usuga pertama kali didakwa pada 2009 di pengadilan federal Manhattan atas tuduhan narkotika dan diduga memberikan bantuan kepada kelompok paramiliter sayap kanan yang ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh pemerinta AS. Kemudian dakwaan di pengadilan federal Brooklyn dan Miami menuduhnya mengimpor setidaknya 73 metrik ton kokain antara 2003-2014 ke AS melalui negara-negara termasuk Venezuela, Guatemala, Meksiko, Panama, dan Honduras.

Tapi seperti banyak orang bersenjatanya, Usuga juga memiliki hubungan dengan jajaran beberapa kelompok milisi. Paling baru mengklaim memimpin Pasukan Bela Diri Gaitanist Kolombia, setelah perang sayap kiri Kolombia pertengahan abad ke-20.

Usuga selama bertahun-tahun terbang di bawah radar pihak berwenang dengan menghindari sebagai profil tinggi narkotika Kolombia yang lebih dikenal. Dia dan saudaranya, yang terbunuh dalam serangan pada 2012, memulai karir sebagai orang-orang bersenjata untuk kelompok milisi sayap kiri yang sekarang dikenal sebagai Tentara Pembebasan Populer. Kemudian dia beralih pihak dan bergabung dengan musuh medan perang pemberontak sayap kanan yang merupakan kelompok paramiliter.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement