Ahad 24 Oct 2021 21:04 WIB

 Militer Kolombia Tangkap Pengedar Narkoba Paling Dicari

Kolombia telah menangkap pengedar narkoba yang paling dicari, Dario Antonio Usuga.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) dengan Presiden Kolombia Ivan Duque (kiri) selama pernyataan bersama di Casa de Narino di Bogota, Kolombia, 20 Oktober 2021.
Foto:

Sosok Usuga menolak untuk melucuti senjata ketika milisi itu menandatangani perjanjian damai dengan pemerintah pada 2006. Dia memilih menggali lebih dalam dunia kriminal Kolombia dan mendirikan operasi di wilayah Teluk Uraba yang strategis di Kolombia utara, koridor narkoba utama yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan laut di kedua sisi Karibia.

Kebocoran informasi dan jaringan rumah persembunyian pedesaan yang konon membuat Usuga dapat berpindah sehingga memungkinkannya selama bertahun-tahun kabur dari militer. Saat dia menentang pihak berwenang, legendanya sebagai bandit tumbuh seiring dengan kisah-kisah horor yang diceritakan oleh otoritas Kolombia tentang banyak perempuan di bawah umur dilecehkan secara seksual oleh dia dan kelompoknya.

Pada 2017, Usuga menunjukkan wajahnya untuk pertama kalinya pada kesempatan kunjungan Paus Fransiskus ke negara itu. Dia menerbitkan sebuah video dengan meminta kelompoknya diizinkan untuk meletakkan senjatanya dan melakukan demobilisasi sebagai bagian dari proses perdamaian negara itu dengan Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia yang jauh lebih besar. Dwina Agustin/ap

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement