Selasa 09 Nov 2021 13:53 WIB

Iran Diduga Dalangi Percobaan Pembunuhan PM Irak

Perdana Menteri Irak mengaku sudah tahu siapa yang mendalangi percobaan pembunuhannya

Rep: Rizky Jaramaya/Kamran Dikarma/Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
Perdana Menteri Irak Mustafa al-Khadimi mengaku sudah tahu siapa yang mendalangi percobaan pembunuhannya. Ilustrasi.
Foto:

Pejabat keamanan Irak dan sumber yang berbicara dengan syarat anonim pada Senin (8/11) mengatakan kelompok milisi yang didukung Iran berada di balik serangan drone yang menargetkan Perdana Menteri Mustafa al-Kadhimi. Sumber itu menyebut drone dan bahan peledak yang digunakan dalam serangan itu adalah buatan Iran.

Pejabat keamanan Irak mengatakan kelompok Kataib Hezbollah dan Asaib Ahl al-Haq diduga kuat melakukan serangan tersebut. Salah satu sumber milisi menuturkan Kataib Hezbollah terlibat dan dia tidak dapat mengonfirmasi peran Asaib. Namun kelompok tersebut tidak dapat dimintai komentar.

Seorang juru bicara panglima angkatan bersenjata mengatakan situasi keamanan di wilayah Zona Hijau pascaserangan telah stabil. Zona Hijau merupakan wilayah yang menampung tempat tinggal perdana menteri, gedung-gedung pemerintah, dan kedutaan asing. Sejauh ini, tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Presiden Barham Salih mengutuk serangan drone itu. Dia menyebut serangan tersebut sebagai tindakan kejahatan yang keji terhadap Irak. “Kami tidak dapat menerima bahwa Irak akan terseret ke dalam kekacauan dan kudeta terhadap sistem konstitusionalnya,” kata Salih.

Ulama Muslim Syiah, Moqtada al-Sadr, menyebut serangan itu sebagai tindakan teroris yang ingin mengacaukan stabilitas Irak. "Serangan itu bertujuan untuk mengembalikan Irak ke keadaan kacau agar dapat dikendalikan oleh pasukan non-negara," ujarnya.

Foto yang diterbitkan oleh kantor berita INA menunjukkan kerusakan pada beberapa bagian kediaman perdana menteri. Selain itu, kendaraan SUV diparkir di garasi juga mengalami kerusakan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement