Rabu 06 Apr 2022 20:02 WIB

Kelakar Obama ke Biden Saat Bertemu di Gedung Putih

Obama menyapa Biden sebagai 'wakil presiden', gelarnya selama 2009-2017.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
Mantan Presiden Barack Obama berjabat tangan dengan Presiden Joe Biden setelah Biden berbicara tentang Undang-Undang Perawatan Terjangkau, di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, Selasa, 5 April 2022.
Foto:

"Jika Anda bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan perlindungan yang lebih baik untuk jutaan orang, itu, mengutip seorang Amerika yang terkenal, cukup penting," kata Obama yang disambut tawa dari kerumunan, merujuk pada pernyataan Biden ketika undang-undang itu ditandatangani.

Sebelum menandatangani dan menyelesaikan sambutannya, Biden menyindir: "Barack, saya akan mengingatkan Anda: ini adalah mikrofon yang panas."

"Undang-Undang Perawatan Terjangkau telah disebut banyak hal, tetapi Obamacare adalah sebutan yang paling pas," ujar Biden. 

Berfokus pada perawatan kesehatan telah membantu Demokrat secara politik di masa lalu, Obamacare adalah pencapaian tertinggi legislatif mantan presiden. Partai Republik telah berulang kali mencoba dan gagal untuk mencabutnya.

"Tetapi apa yang diperlihatkan oleh Undang-Undang Perawatan Terjangkau adalah jika Anda didorong oleh gagasan inti bahwa, bersama-sama, kita dapat meningkatkan kehidupan generasi ini dan berikutnya, dan jika Anda gigih, ini dapat berdampak pada kehidupan jutaan orang," kata Obama.

Obama dan Biden menjadi rekan kerja selama masa Obama di kantor, bertemu untuk makan siang mingguan. Keluarga mereka menjadi dekat dan Obama berbicara di pemakaman putra Biden, Beau.

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Obama dan Biden melakukan percakapan yang luas dan berjalan-jalan. "Mereka pergi melihat-lihat Kantor Oval dan berjalan-jalan, dan saya tahu mereka senang menghabiskan waktu bersama," katanya.

Gedung Putih mengatakan penyesuaian yang diusulkan untuk Undang-Undang Perawatan Terjangkau akan menghemat ratusan dolar sebulan untuk ratusan ribu keluarga. Biden meluncurkan langkah untuk memperbaiki elemen undang-undang perawatan kesehatan yang dikenal sebagai "family glitch." 

Ini membuat anggota keluarga dari mereka yang memiliki akses ke rencana kesehatan yang disediakan tidak memenuhi syarat untuk subsidi tertentu, dan dia menandatangani perintah eksekutif yang mengarahkan agen federal untuk melakukan semua mereka bisa untuk memperluas cakupan layanan kesehatan. Dikatakan "family glitch" mempengaruhi sekitar 5 juta orang dan telah membuat banyak keluarga tidak mungkin menggunakan kredit pajak premium untuk membeli paket Marketplace yang terjangkau dan berkualitas tinggi.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement