Sabtu 28 May 2022 21:54 WIB

Mengenal Zircon, Rudal Jelajah Hipersonik Rusia

Zircon dijadwalkan memperkuat Angkatan Laut Rusia pada akhir 2022.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam foto yang dirilis oleh Roscosmos Space Agency Press Service pada hari Rabu, 20 April 2022, rudal balistik antarbenua Sarmat diluncurkan dari Plesetsk di barat laut Rusia. Menurut Kementerian Pertahanan, Rusia berhasil menguji coba rudal jelajah hipersonik baru, Zircon.
Foto:

Wakil Direktur Umum NPO Mashinostroeniya Anatoly Svintsov mengatakan kepada saluran televisi militer Zvezda bahwa walaupun ada versi penerbangan dan laut dari Tsirkon, pabriknya telah diperintahkan untuk mengintensifkan pekerjaan pembuatan roket versi laut. Laporan pengembangan sistem rudal itu muncul saat Angkatan Laut Rusia memainkan peran yang semakin penting dalam perang Ukraina.

Rusia pekan ini dilaporkan memuat rudal jelajah Kalibr ke dua kapal selam Varshavyanka di Laut Hitam. Tindakan itu hanya beberapa hari setelah beredar kabar Amerika Serikat (AS) akan menargetkan armada Rusia untuk membebaskan gandum yang terdampar di pelabuhan Ukraina.

Moskow meningkatkan pembicaraan tentang kemampuan misilnya. Bulan lalu, Rusia menguji coba rudal balistik antarbenua Sarmat yang berkemampuan nuklir atau dikenal sebagai Satan II. Putin mengklaim senjata itu akan membuat musuh berpikir dua kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement