Sabtu 11 Jun 2022 20:03 WIB

Rusia Siap Respons Peningkatan Pasukan NATO di Polandia

Rusia akan merespons secara proporsional peningkatan pasukan NATO di Polandia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Pasukan berbaris melewati kaki patung Atlas yang terkenal di museum State Hermitage untuk menghadiri latihan parade militer Hari Kemenangan yang akan berlangsung di Lapangan Dvortsovaya (Istana) pada 9 Mei untuk merayakan 77 tahun setelah kemenangan dalam Perang Dunia II di St. Petersburg, Rusia, Sabtu, 7 Mei 2022. Rusia akan merespons dengan proporsional peningkatan pasukan NATO di Polandia.
Foto:

Pasal 5 NATO mengacu pada pertahanan kolektif. Di dalamnya disebut bahwa serangan terhadap satu anggota merupakan serangan terhadap semua anggota.

Geoana tidak memberikan perincian tentang penempatan yang direncanakan di Eropa Timur. Dia hanya mengatakan akan ada "kehadiran yang kuat, fleksibel, dan berkelanjutan" di wilayah itu.

Pada 2017, NATO telah mengerahkan kelompok taktis multinasional ke negara-negara Baltik dan Polandia sebagai tindakan pencegahan. Setelah invasi Rusia ke Ukraina pada akhir Februari, NATO mengirim bala bantuan ke sana.

Negara-negara Baltik telah menyerukan kehadiran militer lebih besar dari sekutunya di sana, termasuk untuk pengembangan brigade guna menggantikan kelompok taktis yang lebih kecil. Para menteri pertahanan NATO akan bertemu pada pertengahan Juni untuk membahas hal tersebut dan pertanyaan lainnya. Para pemimpin negara anggota NATO diagendakan bertemu guna menyetujui setiap perubahan pada pertemuan puncak NATO di Madrid pada akhir Juni mendatang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement