Rabu 17 Aug 2022 09:21 WIB

Pushilin: Perjuangan Donetsk untuk Merdeka Serupa dengan Korea Utara

Pemimpin Donetsk ingin jalin kerja sama dengan Korea Utara.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Reiny Dwinanda
Pemimpin Donetsk, Denis Pushilin. Menurut Pushilin, kerja sama bilateral dengan Korea Utara akan menguntungkan kedua belah pihak.
Foto:

Pushilin sebelumnya mengatakan, dia berharap dapat melakukan "kerja sama yang bermanfaat", terutama dalam peningkatan perdagangan dengan Korea Utara. Para pejabat dari Korea Utara, Rusia, dan daerah-daerah separatis di Ukraina telah membahas pengiriman pekerja dari Korea Utara.
 
Pada Juli, Korea Utara mengakui Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Luhansk (LPR) di wilayah Donbas Ukraina timur, sebagai negara merdeka. Langkah itu membuat Korea Utara menjadi negara ketiga, setelah Rusia dan Suriah yang mengakui kemerdekaan Donetsk dan Luhansk.
 
Sejak itu, Ukraina segera memutuskan hubungan dengan Pyongyang. Resolusi Dewan Keamanan PBB 2017, yang didukung Rusia, menuntut agar semua negara memulangkan semua pekerja Korea Utara pada Desember 2019. Langkah ini diambil untuk menghentikan mereka mendapatkan mata uang asing terkait program nuklir dan rudal balistik Korea Utara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement