Rabu 02 Nov 2022 18:16 WIB

Israel Berencana Bongkar Sekolah di Tepi Barat

Sekolah yang dibongkar yakni sekolah Ein Samia, di timur laut Ramallah.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
Bendera Palestina yang robek berkibar di kamp pengungsi Palestina Bourj al-Barajneh, di Beirut, Lebanon, Jumat, 21 Oktober 2022. Kementerian Pendidikan Palestina mengecam keputusan otoritas pendudukan Israel yang mendukung pembongkaran sebuah sekolah di Tepi Barat.
Foto:

Sejak pemukim mendirikan pos terdepan Micha's Farm sekitar tiga tahun lalu, kekerasan meningkat, tidak hanya mempengaruhi masyarakat tetapi juga penduduk al-Mughayir, Kafr Malik, dan komunitas daerah lainnya.

Ada sekitar 40 anak usia sekolah di Ein Samia. Hingga 2013, anak-anak dari masyarakat harus berjalan kaki beberapa kilometer sehari ke sekolah di Kafr Malik. Tahun itu, Kementerian Pendidikan mulai mendanai bus sekolah. 

Pada 2020, kementerian menyetujui pendirian sekolah baru di area komunitas, yang didanai oleh Uni Eropa, atas permintaan penduduk. Pekerjaan konstruksi tertunda karena pandemi Covid-19 dan baru dimulai pada 15 Januari 2022. 

Struktur pra fabrikasi yang terbuat dari lembaran logam galvanis ditempatkan di permukaan beton seluas 500 meter persegi, membentuk empat ruang kelas dan dua kamar mandi. SD Co-Ed Badayat 'Ein Samia dibuka pada Januari lalu. 

Setelah konstruksi dimulai, yang disebut Administrasi Sipil Israel (ICA), nama yang diberikan Israel kepada badan yang mengelola pendudukan militernya di Tepi Barat, secara lisan memberi tahu penduduk tentang niatnya untuk segera menghancurkan sekolah tersebut.

Penduduk mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Israel untuk mencegah pembongkaran, tetapi permintaan mereka ditolak. Pada tanggal 28 April 2022, ICA mengirimkan perintah penghentian pekerjaan dan pembongkaran untuk sekolah tersebut. 

Warga mengajukan banding atas perintah tersebut ke pengadilan negeri, tetapi permohonan mereka ditolak pada 10 Agustus 2022. Pada 14 Agustus 2022, petisi lain diajukan terhadap penolakan pihak berwenang untuk membekukan perintah pembongkaran sampai keputusan dibuat tentang rencana pembangunan telah diajukan warga sebelumnya.  

Menghancurkan fasilitas pendidikan adalah salah satu cara yang digunakan Israel untuk mencoba dan mengusir komunitas Palestina dari rumah mereka, sehingga dapat memusatkan penduduk di daerah kantong dan menggunakan wilayah itu untuk kebutuhannya sendiri. 

 

Sekolah di 'Ein Samia adalah salah satu dari 44 sekolah di Tepi Barat yang saat ini berada di bawah ancaman pembongkaran, menurut angka PBB, delapan di antaranya berlokasi di Yerusalem Timur. Sekitar 4.800 siswa bersekolah di sekolah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement