Senin 15 May 2023 13:51 WIB

Erdogan Bawa Turki Berpengaruh di Dunia Islam 

Erdogan dianggap punya komitmen membawa Turki bersama dunia Islam.

Orang-orang melewati potret Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan bendera Turki di Bursa, Turki, Kamis (11/5/2023). Turki akan mengadakan pemilihan umum pada 14 Mei 2023 dengan sistem dua putaran untuk memilih presidennya, sedangkan pemilihan parlemen akan diadakan secara serentak .
Foto:

Dunia Islam bersatu 

Terkait isu Palestina, Erdogan juga kerap memperlihatkannya. Dalam percakapan melalui sambungan telepon dengan Presiden Iran Ibrahim Raisi, Jumat (7/4/2023) lalu, ia menegaskan’’Dunia Islam mesti bersatu melawan serangan Israel di Palestina.’’

Pernyataan Erdogan ini merespons kekerasan yang terus terjadi di Tepi Barat dan Gaza. Khususnya kekerasan pasukan Israel terhadap warga Palestina di Masjid Al Aqsha. Pascaperistiwa itu, Hamas menembakkan roket ke Israel. 

‘’Sangat penting menunjukkan persatuan, khususnya dalam menghadapi aksi yang terjadi akhir-akhir ini termasuk pembakaran Alquran di kota-kota Eropa,’’ ujar Erdogan dalam pernyataan kantor kepresidenan seperti dilansir laman berita The Times of Israel

Erdogan juga meminta Raisi mendukung upaya internasional secara terorganisasi, khususnya di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan PBB.’’Langkah ini untuk mempertahankan tempat-tempat suci,’’ ujar Erdogan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement