Ahad 25 Jun 2023 09:06 WIB

Sosok Bos Wagner: Dari Usaha Katering Hingga Memimpin Tentara Bayaran 

Prighozin menggunakan koneksi yang dimilikinya untuk mengembangkan bisnis kulinernya.

Bus melintasi logo Wagner yang dicorat-coret dengan kalimat 'No War'.
Foto:

Pada Januari lalu, Prigozhin mengakui mendirikan, memimpin, dan membiayai Wagner. Reuters menyebut, September lalu, Prighozin mengaku mendirikan kelompok militer swasta, Wagner itu pada 2014, tahun ketika Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina. 

Ini konfirmasi pertama kalinya yang dilakukan secara terbuka, hal yang semula ia bantah. Wagner mendukung pasukan Rusia. Bulan lalu, mereka berhasil menaklukkan Bakhmut setelah melewati pertempuran yang brutal. 

Wagner juga mendukung separatis Ukraina yang didukung Rusia, yang kemudian merebut Donbas, bagian timur Ukraina pada 2014. Tentara Wagner ikut berperang di Libya, Suriah, Afrika Tengah, dan Mali. Juga negara lainnya.

Dengan memanfaatkan public relation, bahasa kasar, dan kemunculan yang intens dekat garis depan medan pertempuran, Prighozin yang berkepala plontos ini menjadi salah satu sosok yang sering terlihat di tengah perang Ukraina. 

Ia merekrut ribuan mantan narapidana untuk memperkuat pasukannya. Secara terbuka berseteru dengan Kementerian Pertahanan Rusia terkait rencana militer dan suplai amunisi. Lalu, Prigozhin melanggar tabu sistem politik ketat Putin, menghina pimpinan tinggi di Moskow.

Ia mempublikasikan video terima kasih ke Kremlin. Meski ia pun mengoceh dengan menuduh pejabat tinggi Moskow melakukan pengkhianatan. Telunjuknya diarahkan ke Menhan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov.

Prigozhin membuat gempar dengan rilis video pada 5 Mei lalu, yang memperlihatkan tentara Wagner yang mati di medan tempur. Ia menyebut, kematian mereka akibat kurangnya pasokan amunisi yang disebabkan ulah Shoigu dan Gerasimov.

AS dan Uni Eropa menjatuhkan sanksi pada Prigozhin atas perannya di Wagner. Ia juga dituduh mendirikan Internet Research Agency yang Washington yakini digunakan oleh Prighozin untuk memengaruhi pemilu AS.

 

sumber : AP/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement