Sabtu 30 Dec 2023 15:48 WIB

Israel Kembali Luncurkan Serangan Udara ke Suriah

Israel melancarkan serangan udara secara berkala ke Suriah.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Dalam foto yang dirilis oleh situs resmi kantor pemimpin tertinggi Iran, Kepala Garda Revolusi Iran, Jenderal Esmail Ghaani, meletakkan wajahnya di peti mati Seyed Razi Mousavi, yang terbungkus bendera, Kamis (28/12/2023). Penasihat senior Korps Garda Revolusi Iran untuk Suriah, Seyed Razi Mousavi, tewas dalam dugaan serangan udara Israel di Suriah pada hari Senin (25/12/2023).
Foto:

Soleimani tewas di Bandara Internasional Baghdad, Irak, pada 3 Januari 2020. Dia dibunuh saat berada dalam konvoi Popular Mobilization Forces (PMF), pasukan paramiliter Irak yang memiliki kedekatan dengan Iran.

Iring-iringan mobil mereka menjadi sasaran tembak pesawat nirawak AS. Presiden AS kala itu, Donald Trump, adalah tokoh yang memerintahkan langsung serangan tersebut.

Trump mengeklaim Soleimani sedang merencanakan serangan terhadap misi dan diplomat AS di Timur Tengah. Oleh sebab itu, sebelum Soleimani melancarkan aksinya, AS terlebih dulu mengambil tindakan dengan membunuhnya. 

Iran mengutuk keras pembunuhan Soleimani dan bersumpah akan membalas tindakan Washington. Tak lama setelah peristiwa pembunuhan itu, Iran meluncurkan serangan udara ke markas tentara AS di Irak.

Aksi itu sempat menimbulkan kekhawatiran global tentang potensi pecahnya peperangan. Soleimani merupakan tokoh militer Iran yang memiliki pengaruh besar di kawasan Timur Tengah.

Soleimani dipercaya memimpin Pasukan Quds, sebuah divisi atau sayap dari Garda Revolusi Iran yang bertanggung jawab untuk operasi ekstrateritorial, termasuk kontra-intelijen di kawasan. Soleimani pun memiliki kedekatan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement