Rabu 03 Jan 2024 19:12 WIB

AS Kecam Dua Menteri Israel yang Usulkan Pengusiran Warga Palestina

AS menegaskan akan tetap memandang Gaza sebagai bagian dari wilayah Palestina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Tentara Israel dari unit artileri menyimpan peluru tank di area persiapan di perbatasan Israel-Gaza di Israel selatan, Senin, 1 Januari 2024.
Foto:

Menurutnya, dunia belum memperlihatkan i'tikad untuk mengakhiri perang di Gaza. “Kita belum melihat dunia mencapai titik yang seharusnya kita capai: tuntutan tegas untuk mengakhiri perang ini. Perang yang termasuk dalam definisi hukum genosida,” ujarnya.

Safadi berpendapat tujuan Israel menghancurkan Hamas tidak sesuai dengan besarnya kehancuran yang terjadi di kalangan warga sipil Gaza. Dia menilai agresi Israel ke Gaza benar-benar tak pandang bulu.

Sebelum Safadi, Komisaris Jenderal Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) Philippe Lazzarini telah terlebih dulu menuduh Israel berusaha mengusir penduduk Palestina di Jalur Gaza ke Mesir. Dalam sebuah opini di Los Angeles Times yang diterbitkan 9 Desember 2023 lalu, Lazzarini mengingatkan saat ini penduduk Gaza sudah terkonsentrasi di wilayah selatan.

Hal itu karena ketika pertempuran Israel-Hamas berkecamuk di utara, lebih dari satu juta warga diperintahkan mengungsi ke selatan. Saat ini, Israel mengintensifkan agresinya ke selatan Gaza.

PBB dan beberapa negara anggota...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement