Senin 19 Feb 2024 17:19 WIB

Denmark Janji Hibahkan Seluruh Cadangan Artileri untuk Ukraina

Denmark ingatkan pentingnya persatuan negara-negara Eropa dalam mendukung Ukraina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Reiny Dwinanda
Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen. Dalam pernyataan terbarunya, Frederiksen berjanji alokasikan seluruh cadangan artileri negaranya untuk Ukraina.
Foto:

Pernyataan itu disampaikan Frederiksen saat Ukraina mengalami kekurangan personel dan amunisi  dalam menghadapi rongrongan militer Rusia di garis depan di bagian timur negara itu. Meski Ukraina terus mendorong supaya persenjataan segera dikirim, menurut Wakil Presiden Komisi Eropa Josep Borrell pada 31 Januari, Uni Eropa hanya akan bisa mengirimkan setengah dari satu juta butir artileri yang dijanjikan pada Maret.

Sisa dari target pengiriman ke Ukraina selanjutnya akan diselesaikan sebelum akhir tahun, menurut Borrell. Denmark merupakan salah satu pemasok senjata terbesar untuk Angkatan Bersenjata Ukraina.

Denmark juga berjanji mengirim 19 unit pesawat tempur F-16 sebelum akhir tahun dan setelah selesai melatih pilot-pilot Ukraina. Di sisi lain, Rusia berulang kali mengkritisi negara-negara Barat yang terus memasok senjata ke Ukraina. Rusia menganggap tindakan itu hanya akan memperpanjang konflik.

sumber : Antara, Anadolu
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement