Rabu 16 Dec 2015 01:01 WIB

Peristiwa Dunia Januari 2015: Arab Saudi Berduka, Charlie Hebdo Berdarah

Pelayat mengusung jenazah raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz Al Saud, di Riyadh, Arab Saudi, pada 23 Januari 2015.
Foto:
Raja Salman

DUBAI -- Salman bin Abdul Aziz Al Saud (79 tahun) menjadi raja baru Arab Saudi pasca Raja Abdullah meninggal pada Jumat (23/1). Salman adalah seorang veteran pemimpin tinggi Arab.

Ia pernah menjadi gubernur Riyadh selama 50 tahun dan dikenal sebagai mediator dalam sengketa keluarga kerajaan. Salman telah menjabat sebagai menteri pertahanan sejak 2011.

Ia mengepalai militer ketika Saudi bergabung dengan AS dan negara Arab lainnya dalam memerangi ISIS di Suriah. Namun, kesehatannya menjadi pertanyaan. Salman setidaknya pernah mengalami stroke hingga tangan kirinya sulit bergerak.

Salman adalah salah satu dari puluhan anak pendiri Arab Saudi, King Abdul Aziz Al Saud. King Abdul Aziz memiliki lebih dari 50 anak dari beberapa istri. Seperti dikutip dari AP, Salman sering disebut satu dari 'Sudeiri Seven' yang berarti tujuh anak yang lahir dari istri utama Abdul Aziz, Hussa bint Ahmad Sudeiri.

Raja sebelum Abdullah, King Fahd juga merupakan salah satu dari 'Sudeiri Seven'. Salman memiliki jaringan luas dan sangat berpengaruh di jaringan bisnis keluarganya.

sumber : pusat data Republika

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement